Senin, 10 September 2012

Apa Sih Itu SEO ??

 SEO
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhuRas0T1oSJp5SiKYNvILFmsSLvME8TpYLYZ5SQNXQYLAHtqpXCVDPNm-exY5706s4mHWP6LHUKR2UN5dB7frGglClQOkrAdWoBmvnwjfQWa4asmV5QdRyYTF47TcHzrpfSh_-pfdW38o/s320/seo.png
 SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, bagi yang sudah mempunyai blog atau website pasti sudah tahu. SEO penting sekali untuk para blogger yang ingin blognya banyak pengunjung. Dengan optimazi blog agar lebih mendapat tempat di mesin pencari hal ini akan meningkatkan pengunjung ke blog anda.

Setelah membuat sebuah blog anda perlu mempelajari SEO. Ada beberapa istilah yang perlu diketahui dalam dunia SEO bagi yang sudah tahu silahkan lewat saja. Istilah-istilah berikut sering sekali muncul dalam dunia SEO.

 1. PageRank

Pagerank adalah algoritma yang dipakai oleh Google untuk menentukan posisi sebuah website dalam hasil pencarian. Semakin tinggi pagerank maka akan semakin bagus posisi halaman website kita di mesin pencari Google. Anda bisa mengecek pagerank blog anda di pagerank checker.

2. Nofollow/Dofollow

Nofollow adalah istilah jika sebuah link tidak di telusuri oleh  crawler mesin pencari,  sebaliknya Dofollow mengizinkan crawler untuk menelusuri sebuah link. Dulu banyak blogger yang menyatakan kalau link di bagian comment dari blog mereka Dofollow agar blogger tertarik untuk berkomentar. Namun sekarang hal ini bisa membuat link yang anda pasang dianggap spam.

3. Meta Tag

Meta Tag adalah informasi dalam code HTML sebuah website agar crawler mesin pencari mendapatkan informasi yang cukup tentang blog kita. Informasi yang biasanya ada dalam meta tag adalah description,keywords dan author. Ini ada beberapa contoh meta tag

4. Title Tag

Title tag mengandung judul blog anda, judul yang menentukan tentang apa atau topik blog anda. Title tag biasanya berisi keyword  halaman blog. Title tag biasanya diletakkan di code head dari HTML dan akan kelihatan di pojok kiri atas browser ketika anda membuka sebuah website.

5. Google SandBox

Google Sandbox sebenarnya hanyalah sebuah istilah untuk website yang baru atau telah mendapat predikat buruk dari Google. Jangan sampai blog anda masuk ke Google sandbox, jika ini terjadi blog anda akan berada jauh dibawah pada hasil pencarian bahkan bisa saja tidak ada di halaman hasil pencarian Google.

6. Backlink

Blog anda perlu backlink dari blog lain terutama blog dengan pagerank bagus agar pagerank anda naik, maka itu carilah backlink yang berkualitas. Anda bisa memintanya ke teman-teman blogger yang anda kenal atau menulis content yang berkualitas sehingga dengan sendirinya blogger yang menganggap artikel anda menarik akan memberi backlink ke blog anda. Backlink bisa dibeli atau didapat secara cuma-cuma. Anda juga bisa mempelajari cara memperoleh backlink berkualitas disini.

7. Anchortext

Jika anda mengklik sebuah link maka anda akan dibawa ke sebuah halaman. Kata yang mengandung link disebut anchortext. Pemilihan kata untuk anchortext sangat berperan dalam mengasilkan posisi dan keyword sebuah halaman.

8. SERP atau Search Engine Result Page

SERP adalah halaman hasil pencarian di situs pencarian seperti Google dan Yahoo. Posisi SERP di halaman satu adalah yang paling didambakan para blogger. Apalagi kalau bisa berada diposisi puncak. Untuk menjadi jawara di mesin pencari harus menambah pengetahuan dibidang SEO. Kalau SEO sudah dikuasai tentunya akan lebih mudah untuk mencapai SERP yang diinginkan.

9. Duplicate Content

Content yang sama dengan halaman lain atau bahkan blog lain adalah yang paling dibenci oleh mesin pencari. Jika memiliki isi yang hampir sama maka blog kita akan dicap plagiat. Jangankan muncul di SERP, blog kita mungkin akan ada diposisi antah barantah. Duplicate content juga dibenci oleh para blogger yang contentnya dicopy paste karena mereka juga akan mendapatkan imbasnya.

10. Robots.txt

Robots.txt dalah file yang berisi informasi tentang halaman-halaman mana yang boleh di index atau tidak yang bisanya diletakkan di directory root. Informasi ini sangat penting agar crawler tidak salah masuk kehalaman yang terlarang sehingga halaman-halaman rahasia kita tidak terakses oleh umum.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Agendazha is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger